Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Posts tagged ‘keperawatan’

NERS at PSIK FK UNDIP

aku sudah menyelesaikan tahap sarjanaku, dan akhirnya aku dapat kesempatan untuk melanjutkan program profesi keperawatan dan tetap di universitas yang sama..
PSIK FK UNDIP..

senang rasanya, saya bergabung di angkatan 21..yah meski awalnya saya sedikit ada masalah dengan pembayaran spp, namun so far, saya nikmati dan saya menyukainya..

saya senang ketika melihat jadwal praktek yang sudah dikeluarkan oleh koordinator profesi.

saya mendapatkan praktek stase pertama maternitas di wonosobo. RS wonosobo terkenal denan sistem pembelajaran terutama di ruang maternitas yang memang membuat mahasiswanya menjadi luar biasa. Alhamdulillah saya mendapat kesempatan emas itu.

memang dalam menmpuh tahap profesi akan sangat dipusingkan dengan tugas dan waktu yang menyita. Namun nikmatilah semua prosesnya, kelak akan mendapatkan hasil yang luar biasa, berkah, dan barokah..InsyaAllah..Amiiinn…

apalagi profesi kali ini saya tempuh dalam waktu satu tahun dengan bobot sks 36 sks yakni 48 minggu. waaahhh bener2 berat ya bagi mahasiswa..bisa tidur gak yaa…hehehhe

iya pasti berat jika memikirkan beratnya..Sudahlah nikmati saja.

beberapa tips dalam menjalani praktek profesi berikut ini versi saya :

1. tentu pamit sama kedua orangtua, keluarga, sanak family..tujuannya adalah selain meminta doa, juga berpesan pada mereka untuk always mengingatkan kita saat kita sedang “lupa”, dan menjaga motivasi kita. Syukur-syukur kalau dapat tambahan uang saku,,heheheh

2. jaga stamina dan kesehatan, karena profesi sangat butuh ekstra tenaga dan pikiran.. makan makanan yang bergizi, tidak perlu mahal asal sehat, kalau bisa ya masak sendiri,,hehehe,,biar lebih hemat.

3. jaga motivasi, jangan sampai di awal kita sangat euforia eh malah sampai pertengahan down sekali. jangan begitu. selalu jaga motivasi. Penting ini untuk yang sudah punya pasangan, jangan sampai kegiatan pacaran bikin kita galau dan akhirnya merusak motivasi dan semangat kita, eman2 udah bayar mahal profesinya,,hehehe..ya beri pengertian terhadap pasangan tentang rencana kegiatan anda selama praktek profesi ini. kalau dia bener2 paham tentang kegiatan anda tentunya juga dia pasti mau mendukung dan memotivasi anda..hehhe

4. banyak baca literatur dan referensi, penting ini. jangan sampai kita masuk ke lahan klinik cuma bawa badan saja..ehhehe..kasarnya tong kosong lah…kan juga malu2in kalau dari undip gak ngerti apa-apa..heheheh..harumkan nama almamater dengan prestasi kita.

5. penting ini soal keuangan, jangan boros juga saat profesi. Hemat tidak berarti ngirit makan lho yaaa… wah ini nih kesalahan persepsi banyak mahasiswa,, niatnya menghemat, jadi gak makan, eh ujung2nya malah dia sendiri yang dirawat di rumah sakit.. apa kata dunia???hehhe

6. ibadah selalu yang utama..harusnya ini ditaruh yang diatas yaa..hehehe maaf.. ya ibadah adalah hal yang utama mengingat semua yang terjadi adalah kehendakNya. jadi rajin-rajinlah minta perlindunganNya, supaya kita nyaman dan aman dalam melaksanakan tugas..:D

7. jangan lupa jaga kebersihan..karena kebersihan adalah sebagian dari iman

Nah teman-teman, sudah cukup sekian dulu yaaa..semoga bermanfaat buat teman-teman semua yang akan menempuh profesi..

Semangat…

buat yang lagi galau mau nglanjutin profesi atau tidak, saran saya lanjutkan saja..banyak sekali barokah dan manfaat yang didapat lhoo..

buat adek-adek yang bingung ambil jurusan apa saat kuliah, hemmm..saya merekomendasikan PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS DIPONEGORO

ini linknya..

http://keperawatan.undip.ac.id/id/

silahkan bergabung dengan saya dan menjadi bagian dari PSIK FK UNDIPGambar

Iklan

Humanisme dalam Keperawatan

Orang humanis meyakini kebaikan dan nilai-nilai manusia sebagai suatu komitmen dalam bekerja untuk kemanusiaan. Contoh perilaku yang manusiawai adalah empati, simpati, terharu, dan menghargai kehidupan. Humanisme ini mendapat tempat yang khusus dalam keperawatan.

Dalam keperawatan, humanisme merupakan suatu sikap dan pendekatan yang memperlakukan pasien sebagai manusia yang mempunyai kebutuhan lebih dari sekedar nomor tempat tidur atau sebagai seorang berpenyakit tertentu. perawat yang menggunakan pendekatan humanistik dalam prakteknya memperhitungkan semua yang diketahuinya tentang pasien yang meliputi pikiran, perasaan, nilai-nilai, pengalaman, kesukaan, dan bahasa tubuh.

pendekatan humanistik ini adalah aspek keperawatan tradisional dari caring, yang diwujudnyatakan dalam pengertian dan tindakan. Pengertian membutuhkan kemampuan mendengarkan orang lain secara aktif dan arif serta menerima perasaan-perasaan orang lain. prasyarat bertindak adalah mampu bereaksi terhadap kebutuhan orang lain dengan keikhlasan, kehangatan untuk meningkatkan kesejahteraan yang optimal.

Dwidiyanti, Meidiana SKp, Msc. 2008. Keperawatan Dasar. Semarang : Hasani

Pengertian Spiritual

Spiritualitas adalah hubungannya dengan Yang Maha Kuasa dan Maha pencipta, tergantung dengan kepercayaan yang dianut oleh individu.

Menurut Burkhardt (1993) spiritualitas meliputi aspek-aspek :

1)      Berhubungan dengan sesuatau yang tidak diketahui atau ketidakpastian dalam kehidupan,

2)      Menemukan arti dan tujuan hidup,

3)      Menyadari kemampuan untuk menggunakan sumber dan kekuatan dalam diri sendiri,

4)      Mempunyai perasaan keterikatan dengan diri sendiri dan dengan yang maha tinggi.

Mempunyai kepercayaan atau keyakinan berarti mempercayai atau mempunyai komitmen terhadap sesuatu atau seseorang. Konsep kepercayaan mempunyai dua pengertian. Pertama kepercayaan didefinisikan sebagai kultur atau budaya dan lembaga keagamaan seperti Islam, Kristen, Budha, dan lain-lain. Kedua, kepercayaan didefinisikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan Ketuhanan, Kekuatan tertinggi, orang yang mempunyai wewenang atau kuasa, sesuatu perasaan yang memberikan alasan tentang keyakinan (belief) dan keyakinan sepenuhnya (action), harapan (hope), harapan merupakan suatu konsep multidimensi, suatu kelanjutan yang sifatnya berupa kebaikan, dan perkembangan, dan bisa mengurangi sesuatu yang kurang menyenangkan. Harapan juga merupakan energi yang bisa memberikan motivasi kepada individu untuk mencapai suatu prestasi dan berorientasi kedepan. Agama adalah sebagai sistem organisasi kepercayaan dan peribadatan dimana seseorang bisa mengungkapkan dengan jelas secara lahiriah mengenai spiritualitasnya. Agama adalah suatu sistem ibadah yang terorganisir atu teratur.

Definisi spiritual setiap individu dipengaruhi oleh budaya, perkembangan, pengalaman hidup, kepercayaan dan ide-ide tentang kehidupan. Spiritualitas juga memberikan suatu perasaan yang berhubungan dengan intrapersonal (hubungan antara diri sendiri), interpersonal (hubungan antara orang lain dengan lingkungan) dan transpersonal (hubungan yang tidak dapat dilihat yaitu suatu hubungan dengan ketuhanan yang merupakan kekuatan tertinggi). Adapun unsur-unsur spiritualitas meliputi kesehatan spiritual, kebutuhan spiritual, dan kesadaran spiritual. Dimensi spiritual merupakan suatu penggabungan yang menjadi satu kesatuan antara unsur psikologikal, fisiologikal, atau fisik, sosiologikal dan spiritual.

Kata spiritual sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Untuk memahami pengertian spiritual dapat dilihat dari berbagai sumber. Menurut Oxford English Dictionary, untuk memahami makna kata spiritual dapat diketahui dari arti kata-kata berikut ini : persembahan, dimensi supranatural, berbeda dengan dimensi fisik, perasaan atu pernyataan jiwa, kekudusan, sesuatu yang suci, pemikiran yang intelektual dan berkualitas, adanya perkembanga pemikiran danperasaan, adanya perasaan humor, ada perubahan hidup, dan berhubngan dengan organisasi keagamaan. Sedangkan berdasarkan etimologinya, spiritual berarti sesuatu yang mendasar, penting, dan mampu menggerakkan serta memimpin cara berpikir dan bertingkah laku seseorang.

Berdasarkan konsep keperawatan, makna spiritual dapat dihubungkan dengan kata-kata : makna, harapan, kerukunan, dan sistemkepercayaan (Dyson, Cobb, Forman,1997). Dyson mengamati bahwa perawat menemukan aspek spiritual tersebut dalam hubungan dengan seseorang dengan dirinya sendiri, orang lain dan dengan Tuhan. Menurut Reed (1992) spiritual mencakup hubungan intra, inter, dan transpersonal. Spiritual juga diartikan sebagai inti dari manusia yang memasuki dan mempengaruhi kehidupannya dan dimanifestasikan dalam pemikiran dan perilaku serta dalam hubungannya dengan diri sendiri, orang lain, alam ,dan Tuhan (Dossey & Guazetta, 2000).

Para ahli keperawatan menyimpilkan bahwa spiritual merupakan sebuah konsep yang dapat diterapkan pada seluruh manusia. Spiritual juga merupakan aspek yang menyatu dan universal bagi semua manusia. Setiap orang memiliki dimensi spiritual. Dimensi ini mengintegrasi, memotivasi, menggerakkan, dan mempengaruhi seluruh aspek hidup manusia.

ku lutip semua dari buku ibu kaprodi saya..bu meidiana dwidiyanti

Awan Tag