Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Archive for the ‘Info Aja!’ Category

Kemitraan Kesehatan, Analisa Kemiskinan Kolaborasi yang Efektif dan Cerdas Kemitraan Sektor Kesehatan Rumah Sakit dan Institusi Pendidikan Keperawatan

Departemen Kesehatan (2006) dalam promosi kesehatan online mengemukakan bahwa kemitraan adalah hubungan (kerjasama) antara dua pihak atau lebih, berdasarkan kesetaraan, keterbukaan dan saling menguntungkan (memberikan manfaat). Sedangkan menurut Notoatmodjo (2003), kemitraan adalah suatu kerja sama formal antara individu-individu, kelompok-kelompok atau organisasi-organisasi untuk mencapai suatu tugas atau tujuan tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemitraan pada dasarnya merupakan suatu hubungan formal yang dilakukan paling sedikit antara dua pihak dengan maksud dan tujuan tertentu untuk kepentingan bersama yang saling menguntungkan, dan antara kedua belah pihak terjadi kesepakatan serta adanya transparansi antar keduanya.

Kemitraan di bidang kesehatan adalah kemitraan yang dikembangkan dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan kesehatan. Dalam Konferensi Internasional promosi kesehatan di Jakarta pada tahun 1997, WHO mulai menggencarkan tentang pentingnya kemitraan (partnership). Kemudian, WHO di tahun 2000 mengemukakan bahwa untuk membangun kemitraan kesehatan perlu diidentifikasi lima prinsip kemitraan, yaitu : Policy Makers, Health Managers, Health Professionals, Academic Institutions, dan Communities Institutions.

Tujuan umum dilakukan kemitraan adalah meningkatkan percepatan, efektivitas dan efisiensi upaya kesehatan dan upaya pembangunan pada umumnya. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan saling pengertian, meningkatkan saling percaya, meningkatkan saling memerlukan, meningkatkan rasa kedekatan, membuka peluang untuk saling membantu, meningkatkan daya, kemampuan, dan kekuatan, dan meningkatkan rasa saling menghargai.

Perawat menurut UU Kesehatan Nomor 23 tahun 1992 adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimilikinya yang diperoleh melalui pendidikan keperawatan. Keperawatan sebagai profesi dirumuskan melalui Lokakarya Nasional Keperawatan tahun 1983, bahwa pendidikan keperawatan adalah pendidikan profesi, dan pelayanan keperawatan adalah pelayanan profesional.

Pelaku kemitraan kesehatan adalah semua pihak, semua komponen masyarakat dan unsur pemerintah, Lembaga Perwakilan Rakyat, perguruan tinggi, media massa, penyandang dana, organisasi profesi, dan lain-lain. Salah satu prinsip kemitraan yang dikemukakan oleh WHO adalah Institusi Pendidikan (Academic Institutions). Dalam hal ini institusi pendidikan keperawatan merupakan salah satu stakeholder dalam mewujudkan kemitraan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatan kualitas SDM dan meningkatkan produktivitas melalui sektor kesehatan itu sendiri. Isu terbaru saat ini adalah mengenai “miskinnya kolaborasi efektif dan cerdas dalam kemitraan kesehatan antara institusi pendidikan keperawatan bersama institusi pelayanan kesehatan.

Sebagai contoh untuk analisa, sebuah institusi pelayanan kesehatan adalah rumah sakit, dan institusi pendidikan keperawatan penyelenggara program pendidikan profesi.

Dilihat dari prinsip dasar kemitraan sendiri, yaitu prinsip saling menguntungkan. Hal ini perlu ditinjau kembali program yang seperti apa yang akan dibuat kesepakatan antara pihak rumah sakit dengan pihak institusi. Apakah program ini menguntungkan bagi kedua pihak atau hanya sepihak, program yang akan dilaksanakan harus mutual benefit. Maka pihak institusi pendidikan keperawatan harus memiliki strategi khusus dan harus mampu menangkap peluang untuk hal ini agar jalinan kemitraan antara institusi pendidikan kesehatan dengan rumah sakit dapat tercipta. Alasan mengapa ditekankan pada pihak institusi adalah karena rumah sakit merupakan salah satu wilayah untuk mengimplementasikan praktek keperawatan bagi mahasiswa, sehingga rumah sakit disini adalah sesuatu yang perlu mendapat perlakuan khusus dari pihak institusi pendidikan.

Contoh realita yang sudah ada saat ini dalam kemitraan antara institusi pelayanan kesehatan dengan institusi layanan kesehatan adalah PSIK-FK Undip dengan membuat suatu program Ners Edukator dengan memberi pelatihan bagi perawat di Rumah Sakit untuk menjadi Menthorship mahasiswa praktikan. Selain itu kemitraan dengan rumah sakit dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan skill dalam keperawatan yang dapat menjadi selling point bagi perawat di rumah sakit.

Langkah-langkah untuk menjalin kemitraan antara lain penjajagan atau persiapan, penyamaan persepsi, pengaturan peran, komunikasi intensif, melakukan kegiatan, dan melakukan pemantauan & penilaian. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjalin kemitraan adalah adanya sikap saling memahami kedudukan, memahami kemampuan masing-masing, menghubungi secara proaktif (linkage), saling mendekati, terbuka, bersinergi, dan pemberian reward.

Sebagai indikator keberhasilan dalam kemitraan dilihat dari input, proses dan output. Indikator input meliputi jumlah mitra yang menjadi anggota. Indikator proses adanta kontribusi mitra dalam jaringan kemitraan, jumlah pertemuan yang diselenggarakan, jumlah dan jenis kegiatan bersama yang dilakukan, keberlangsungan kemitraan yang dijalankan. Dan indikator output  seperti jumlah produk yang dihasilkan, percepatan upaya yang dilakukan, efektivitas dan efisiensi upaya yang diselenggarakan

TRANSFUSI DARAH MENURUT PANDANGAN ISLAM

PENGERTIAN TRANFUSI

  • Pindah tuang
  • Memindahkan sejumlah cairan (dalam jumlah yang cukup besar) ke dalam pembuluh darah balik
  • Tranfusi darah : memindahkan cairan (darah) dari seorang donor kepada seorang akseptor (resipien)

DONOR DAN RESIPIEN

  • DONOR : orang yang menyumbangkan organ tubuh (darah) kepada resipien
  • RESIPIEN : orang yang menerima organ tubuh (darah) dari seorang donor

MACAM MACAM DONOR

  • Donor anggota badan yang bisa pulih kembali (darah, kulit, sumsum tulang)
  • Donor anggota badan yang dapat menyebabkan kematian
  • Donor angota badan yang hanya satu satunya (meskipun tdk mengakibatkan kematian (lidah, pankreas)
  • Donor anggota badan yang ada pasangannya (mata, ginjal)
  • Donor alat reproduksi manusia (sperma, ovum, ovarium, testis)
  • Donor anggota badan dari mayat yang berwasiat

HAKEKAT DARAH

  • Darah adalah bagian dari badan (anggota badan)
  • Memindahkan darah berarti memindahkan anggota badan

Hukum memakan darah

“Sesungguhnya Alloh hanya mengharamkan bagimu mangkai, darah, daging babi, dan binatang yang disembelih dengan menyebut selain Alloh. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak pula melampaui batas maka tidak ada dosa baginya…….” (Al baqoroh : 173)

“ Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Alloh…….”(Al Maidah : 3)

DARAH ADALAH MAKANAN HARAM

PANDANGAN ULAMA TERDAHULU

  • MEMANFAATKAN ANGGOTA BADAN ADALAH HARAM BAIK DENGAN CARA JUAL BELI ATAUPUN DENGAN CARA LAINNYA
  • Memanfaatkan anggota badan manusiatidak diperbolehkan. Ada yang beralasan karena (1)najis, (2)merendahkan. Alasan kedua adalah alasan yang benar (Al-Fatwa Al-Hidayah)
  • “Tidak diperkenankan menjual rambut manusia ataupun memanfaatkannya. Karena manusia itu terhormat bukan hina” (Al Murghinani)
  • Adapun tulang dan rambut manusia tidak boleh dijual, bukan karena najis atau suci, tetapi karena menghormatinya. Menjualnya berati merendahkannya” (Al Kasani)
  • Menjual air susu wanita (BOLEH). Karena susu itu suci dan bermanfaat sehingga Alloh memperbolehkkan untuk meminumnya walaupun tidak dalam keadaan terpaksa (Madzhab, Maliki, Hambali dan Syafi’I)
  • Menjual air susu (HARAM). Karena susu adalah bagian dari anggota badan (Mazhab Hanafi)
  • Ulama terdahulu sangat berhati hati dalam hal perlakuan terhadap anggota badan manusia (manusia merupakan mahluk terhormat dalam pandangan Islam)
  • Pada saat itu belum terpikirkan perkembangan Ilmu kedokteran yang sepesat sekarang

KAIDAH USUL FIQIH

  • Keharusan mengambil risiko terkecil untuk menolak bahaya yang besar, dan mengorbankan manfaat yang lebih kecil untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar
  • Darurat akan memperbolehkan yang haram

DONOR DAN TRANFUSI DARAH

  • Tidak menyebabkan kerusakan (kematian pada diri donor)
  • Memberikan manfaat (mencegah kerusakan/kematian) pada akseptor
  • Donor / Tranfusi tidak boleh dilakukan bila menyebabkan kematian pada diri donor (darah diambil terlalu banyak), meskipun memberikan manfaat kepada resipien.
  • DONOR DARAH DAPAT MENCEGAH BAHAYA YANG SUDAH PASTI (MENCEGAH KERUSAKAN/KEMATIAN RESIPIEN)
  • BAHAYA YANG TIMBUL AKIBAT DONOR/TRANFUSI DAPAT DIPERKIRAKAN
  • PERBEDAAN KERUGIAN YANG TERJADI DAN MANFAAT YANG DIPEROLEH JELAS (MANFAAT LEBIH BESAR DARI KERUGIAN)
  • Donor darah memberikan manfaat yang sangat besar dan termasuk mendonorkan anggota badan yang dapat pulih kembali
  • Pendonor tidak akan mendapat kerugian/kerusakan yang berarti, bahkan mendapat manfaat.
  • Tranfusi darah tidak sama dengan “memakan darah”
  • Kerusakan / kerugian akibat tranfusi dapat diperkirakan dan dicegah dengan adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Donor darah

  • Kebutuhan tranfusi darah adalah terus menerus dan meluas (akibat bencana alam, perang, kecelakaan, operasi dan berbagai penyalit) sehingga kebutuhan darah semakin meningkat.
  • Donor darah bisa menjadi obat / sarana penyembuhan berbagai penyakit
  • Mendonorkan darah hukumnya FARDLU KIFAYAH.

KESIMPULAN

  • Tranfusi darah diperbolehkan karena dengan perhitungan ilmiah yang tepat dapat menolong /memberikan manfaat yang besar bagi resipien dan tidak memberkan kerugian / kerusakan pada diri donor baik dalam jangka pendek maupun panjang
  • Hasil perbandingan antara kemaslakhatan dan kemudlorotan jelas, yaitu kemaslahatan lebih besar dari kemudlorotan, sehingga tidak bertentangan dengan kaidah usul fiqh
  • Hendaknya tujuan dari donor-tranfusi darah adalah untuk menyelamatkan hidup resipien, bukan keuntungan materi dari pendonor (jual beli darah)
  • Mendonorkan darah hukumnya fardlu kifayah mengingat semakin besarnya kebutuhan darah untuk menyelamtkan hidup manusia akibat bencana alam, kecelakaan, operasi, perang dan berbagai penyakit yang lain
  • Jangan sampai donor darah menyebabkan pelecehan terhadap kehormatan manusia, karena jual beli anggota badan seperti donor anggota badan lain (ginjal, mata dll)

Sumber : Kuliah agama dan kesehatan oleh dosen saya

Pasar Kobong Semarang dan Resiko Penyakitnya

Sudah pernah ke pasar kobomg semarang????

kalau belum andda cobalah datang kesana,,, sekedar lewat atau mengunjungi..

anda akan disuguhkan aroma yang sangat menyengat yakni kotoran ayam,

karena notabene, di pasar kobong ini banyak dijual ayam-ayam untuk diolah. yah anda bisa bayangkan sendiri, disana juga terdapat beberapa pemotongan ayam. Anda pasti juga bisa membayangkan jika jumlah ayam disana ada seribu dan semua menghasilkan kotoran apa yang akan terjadi?? pasti bau lah yang kita dapat.

Uniknya, karena pedagang ini sudah terbiasa dengan bau macam tersebit, jadi mereka santai-santai saja dengan keadaan yang terbilang bagi saya itu sangat tidak nyaman. Bagaimana tidak? di sepanjang jalanan depan kios-kios ayam bertumpuk-tumpuk kotoran ayam dan juga bulu-bulu ayam sisa pemotongan, terlebih lagi selokan yang macet dan berwarna hitam bekas darah ayam….wah sungguh menyengat.

sewaktu saya berkunjung kesana, saya melihat orang berjualan makanan dan minuman diantara kios-kios ayam tersebut..nah uniknya para pembeli itu cuek-cuek saja dengan wewangian ini…andaikan saya..wah pasti sudah mual dan gak doyan makan..

yang saya pikirkan mengenai pasar ini adalah mengenai kebersihanya. Temtunya jika lingkungan itu kotor dan memiliki bau menyengat apalagi itu berasal dari kotoran yang notabene pasti banyak bakteri serta kuman pastilah berbagai masalah kesehatan dapat muncul.

Bagaimana jika ada salah satu ayam yang terkena penyakit flu burung??? wah bisa gawat tuh orang-orang yang ada di pasar tersebut..bisa-bisa mereka terkena virus H5N1 ini….

hmmm…jadi bagi anda yang berminat untuk membeli ayam atau sekedar berkunjung ke pasar ini dimohon untuk membawa masker untuk menutup hidung. agar anda tidak begitu mencium wewangian yang dihasilkan oleh ayam ini….hehehhehehehehe….salam hangat dari anes untuk semua pembaca.

Dari Sakit Gigi Berujung pada Sakit Jantung, Kok Bisa???

Tahun 2000, 16,7 juta penderita meninggal karena penyakit ini, atau sekitar 30,3% dari total kematian diseluruh dunia. Di Indonesia prevensi penyakit jantung dari tahun ke tahun terus meningkat. Penyebab penyakit jantung antara lain, Faktor risiko klasik : merokok, obesitas, kadar kolesterol, HT , kurang aktivitas, DM, stress; Reaksi peradangan (inflamasi) dari penyakit infeksi kronis antara lain penyakit gigi kronis terkait dengan penyakit jantung. Contoh: Penyakit periondotal dapat memberi sumbangan langsung meningkatkan resiko mendapat serangan jantung karena bakteri yang ada pada mulut dapat menjangkiti kawasan lain dalam badan dan menyebabkan tindak balas peradangan.

Sakit gigi dapat menyebabkan penyakit jantung karena penyebaran penyakit gigi ke organ tubuh lain dapat dijelaskan lewat teori fokal infeksi. Fokal infeksi adalah infeksi kronis di suatu tempat dan memicu penyakit di tempat lain. Racun, sisa-sisa kotoran maupun mikroba penginfeksi bisa menyebar ketempat lain di tubuh seperti ginjal, jantung, mata,kulit. Dampak penyakit gigi pada jantung dapat berupa penyakit jantung koroner, peradangan otot, serta katup jantung (endokarditis).

Ada Empat Hipotesis Yang Mengkaitkan Masalah Kesehatan Gigi Dengan Penyakit Jantung.

a)      Kesan bakteri pada platelet darah.

b)      Kesan rangsangan pada pencetus peradangan.

c)      Tindak balas autoimun.

d)     Serangan bakteri pada sel endotelium (lapisan sel tunggal pada jantung).

Kajian di atas 20,749 orang dari pada mereka ada masalah periondotal dan penyakit jantung. Mendapati individu yang menghadapi masalah perionditisis mempunyai resiko 24% lebih tinggi mendapat penyakit jantung koroner. Dari jumlah itu 2,1% disangka dapat menemui maut akibat serangan jantung.

Mekanisme penyebaran : bakteri di mulut akan ikut peredaran aliran darah akan membentuk plak-plak yang akan menghambat aliran darah serta makanan dan oksigen ke jantung hingga jantung tidak dapat berfungsi sebgaimana mestinya.

Apabila mempunyai masalah gusi, merupakan awal  badan menghasilkan bahan perantara peradangan dan bahan ini dapat memasuki sistem peredaran darah, sistem imun akan mengesankan kehadiran bakteri ini dan mulai merespon untuk menghapusnya.

Respon ini menyebabkan berbagai kesan peradangan, terutama pada sistem kardiovaskuler dengan menebalkan dinding pembuluh darah.

Keadaan ini jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan seseorang individu itu mendapat serangan jantung

Bakteri yang ditemukan pada plak merupakan salah satu faktor penyebab endokarditis.

Bakteri di lubang gigi maupun gusi yang rusak dapat masuk ke dalam sirkulasi darah lewat gusi yang berdarah.

Bakteri ini dengan mudah menyerang katup jantung, perdarahan di bawah kulit,bahkan embolisasi (penyumbatan) pembuluh darah kecil di organ-organ tubuh lainnya.

Meskipun jarang, penyakit ini dapat berakibat fatal dan kadang kala memerlukan operasi katup jantung darurat.

Jangan anggap enteng bila Anda sakit gigi karena dapat berakibat fatal.

Karena mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati, maka perlu perawatan gigi yang baik dan periksa gigi secara berkala. Selain itu, mulailah menyikat gigi dengan baik dan benar.

 

Bunga Pepaya, Pahit Rasamu Manis Khasiatmu

Udah lama gak nulis di blog kesayanganku ini. Mulai saat ini aku akan banyak menulis tentang kehidupanku, desaku, keluargaku, negaraku, percintaanku, teman-temanku, dan lain-lain yang ada hubungannya dengan aku. Hari ini dirumah, nenekku memasak tumis kembang kates gantung atau tumis bunga pepaya. Kau tau kawan sebenarnya bunga pepaya, daun pepaya kan rasane pahit banget. Yah kurang lebih kaya pare gtu..Bitter abis. Cuma aku heran, nenekku ini bisa menghilangkan rasa pahit tersebut.

Usut punya usut, ternyata ada resep rahasia turun temurun dari keluargaku (sayangnya aku belum diwarisi..hehhehehhe). nenekku ini sebuyutku, secanggahku, dan semua keturunan di atasku memang pandai sangat memasak. Apapun yang sebenarnya biasa menjadi luar biasa. Eh salah, ruarrrrrrrrrrrrr biasaaaa…nah itu yang cocok.. Ups, balik lagi ke topik. Yah, bunga pepaya memang pahit. Ternyata ada beberapa macam versi untuk menghilangkan rasa pahitnya. Oke akan aku sebutkan satu persatu menurut pendapat ahlinya yang tak lain dan tak bukan adalah beberapa tetua alias wanita-wanita kuno tetangga di desaku. Berikut penjelasan dari mereka-mereka.

  • Menurut Mbah Kartinah yang rumahnya selisih dua rumah dari rumahku. “Nduk, carane ben kembang kates gak pait yo nek nggodok kui di wenehi lemah lempung. Ehhh yo senajan lemah lempung tapi yo khasiat, reget2 sithik yo ben lah, kan vitamin to nduk..okoke nek nggodok diwenehi lempung ben paite ilang, sakbare nek wes alum kembange utowo godonge dientas, diumbah gombang karo banyu ping telu.” Bingung kah kawan2 semua dengan bahasanya???Hahahahha saya juga sedikit susah mengartikannya dengan bahasa indonesia yang baik dan benar. Intinya adalah untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya tersebut adalah direbus dengan dicampur sedikit tanah liat. Sesudah setengah matang diangkat kemudian dicuci sebanyak 3 kali. Barulah bisa diolah dijadikan makanan seperti tumis.
  • Menurut Mbah Jasri yang rumahnya belakang rumahku puersis, karena bahasa yang digunakan beliau adalah bahasa jawi kuno alias kromo inggil dan kebetulan terlalu sulit untuk saya tuliskan dalam blog saya ini, saya akan langsung ke intine saja (hehhehehe, asline yo podho ae g mudheng rek..yak opo iki rek). Beliau berkata bahwa saat memasak atau merebus bunga pepaya maupun daun pepaya itu sendiri dengan menggunaka sendok (nah looooo apa hubungannya???? toengk toengk toengk). Aku juga gak begitu paham apa hubungannya sendok degan rasa pahit. Yaaah tapi ya manut sajalah sama yang tetua. Buktinya saat beliau masak juga rasanya gak pahit tuh..Aku penasaran jadinya, apa sich hubungannya. Sendok dimasukkan ketika merebus bunga pepaya agar pahitnya hilang. Weleh weleh weleh, ada ada saja ki simbah.
  • Nah nyang atu ini, kata leluhurku alias kata mbahku alias kata Mbah Tomblok (Suerrr nama nenekku emang Tomblok artinya yang tak lain dan tak bukan adalah keranjang..hehhehehhehe). Kata nenekku jikalau kita memasak bung pepaya untuk menghilangkan rasa pahitnya adalah dengan garam. Nah ini keliatane lebih sedikit rasional dan bersih tanpa tanah, heehhehehe. Kata beliau setelah bunga dicuci hingga bersih kemudian rebus air sampai mendidih, trus saat mendidih masukkan garam segenggam tangan (katanya sih palin bagus garam yang belum diolah alias uyah grosok). Tunggu 2 menitan kemudian baru deh bunga pepayanya dimasukkan kemudian dimasak hingga setengah matang. Usai itu diangkat, ditiriskan, dan terakhir digombang atau dicuci dengan air bersih sebanyak 3 kali untuk menghilangkan rasa asinnya yang terlalu. Nah bunga pepaya siap deh buat ditumis…

Begitulah kata orang-orang didesaku. Menurutku, cara memasak orang-orang kuno itu ada sedikit magicnya..hehehhehehe..apa emang tangannya ya yang bisa sulap. Ah itu rahasia sepertinya.

Kawan taukah kau, kalau menurut kepercayaan kami, kepercayaan didesaku bahwa bunga pepaya atau daun pepaya itu bisa mencegah penyakit malaria dan apabila dikonsumsi mentah alias masih benar2 fresh bisa membersihkan peredaran darah. Bener atau nggak lebih baik kita tanyakan pada sang ahli. Kalau usul gak boleh asal kalau asal nggak usah usul..hehehehhe kaya acara di TV aja.. Tapi yang pasti saya berharap semoga peneliti2 tertarik untuk meneliti tentang manfaat bunga pepaya. Soalnya secara tidak langsung manfaat ini telah dirasakan oleh orang-orang didesa saya. Anda semua tertarik untuk mencoba memasak bunga pepaya. Silahkan dicoba dan rasakan sendiri manfaat baiknya…

PERENCANAAN MANAJEMEN BANGSAL

PERENCANAAN (PLANNING)

1. perencanaan visi misi

Contoh:

Visi Rumah Sakit Pondok Indah :

Menjadi rumah sakit pilihan dengan menyediakan layanan perawatan kesehatan terbaik, aman, bermutu tinggi dan inovatif.

Misi Rumah Sakit Pondok Indah

Menyediakan pelayanan secara utuh, konsisten dan terpadu berfokus pada pasien melalui praktek berbasis bukti yang sesuai dan pelayanan prima dengan komitmen kerjasama tim, keterlibatan dari pihak terkait dan peningkatan kompetensi individu yang berkesinambugan.

2. MOTTTO DAN NILAI-NILAI

Motto Rumah Sakit Pondok Indah

“Kesehatan anda prioritas kami”

Nilai-nilai Rumah Sakit Pondok Indah :
1.Integritas
2.Berorientasi pada kualitas
3.Kerjasama tim
4.Etika
5.Semangat dan keteguhan
6.Inovasi
7.Pengembangan individu
8.Pembelajaran berkesinambungan
3. Misi keperawatan
}Memberikan pelayanan keperawatan secara utuh, aman, bermutu tinggi dan inovatif yang berfokus pada pasien melalui praktik berbasis bukti yang sesuai, dengan komitmen peningkatan kompetensi individu secara berkesinambungan serta  menjunjung kerjasama tim.
4. Tujuan keperawatan
}Untuk mencapai pelayanan keperawatan secara utuh, aman, bermutu tinggi dan inovatif, kami bertujuan :
}Memberikan asuhan keperawatan secara professional, berfokus pada keselamatan pasien.
}Memenuhi setiap kebutuhan pasien.
}Menjalankan nilai–nilai yang dianut Pondok Indah Health Care Group : integritas, kualitas dan kerjasama tim baik didalam maupun diluar unit keperawatan.
}Menjalankan efisiensi biaya dalam pengelolaan operasional.
}Mengadakan pelatihan dan pendidikan yang berkesinambungan baik di dalam maupun di luar RSPI (terbuka untuk belajar berubah dan berinovasi).

Cara Menerima Kekalahan

Aku akan terlihat hebat ketika sedang menang dan pada saat aku berlari menuju kemenangan yang aku inginkan. Namun, bagaimana halnya dengan saat-saat dimana aku mengalami kekalahan besar? Yang lebih buruk lagi bagaimana jika lawanku begitu kuat dan aku tidak diberi kesempatan sama sekali? Bagaimana jika aku sudah merasa kalah sebelum bertanding?

Dalam keadaan demikian, mungkin aku akan menangis, berwajah muram, menyalahkan keadaan, atau bahkan berpura-pura sakit sebelum pertandingan dimulai. Namun aku tetap tampil berani bahkan disaat mengalami kekalahan dengan kepala tegak, senyum di bibir, dan terlihat seperti orang juara. Mengapa? Karena aku sudah belajar sebuah rahasia hebat dalam diriku yang menjadikanku tetap terlihat sebagai seorang pemenang, bahkan saat aku mengalami kekalahan. Aku belajar untuk melupakan nilai ataupun skor pertandingan, atau apa yang menjadikan kita tertinggi. Tapi aku lebih berkonsentrasi pada permainannya sendiri. Rahasianya, katakan pada diri sendiri, tanya dalam hatimu “bagaimana aku bisa menampilkan permainan terbaikku saat ini?”

Tidak ada seorang pun yang dapat memusatkan pikiran pada dua hal di saat yang bersamaan. Orang yang tahu bagaimana menampilkan yang terbaik, bahkan saat mengalami kekalahan, akan memahami arti peribahasa yang mengatakan bahwa hal yang penting bukanlah kemenangan, melainkan bagaimana kita memainkan peran di dalam pertandingan. Dalam kehidupan, ketika dihadapkan pada berbagai macam tantangan, setiap orang akan menghadapinya dengan rasa takut. Kita akan lebih mengerti bahwa keberanian jauh lebih berarti daripada kemenangan.

Keberanian sejati adalah ketika anda telah mengetahui bahwa anda akan kalah bahkan sebelum pertandingan dimulai, tapi anda terus saja bertanding.” Harpeer lee, pengarang To Kill a Mockingbird.

Awan Tag