Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Penelitian terkait dengan abdominal massage untuk mengatasi konstipasi adalah :

  1. Referensi terakreditasi

1)      Penelitian yang dilakukan oleh Lai et al dengan judul “Effectivenes of Aroma Massage on Advanced Cancer Patients with Constipation : A pilot Study” yang dipublikasikan di Complementary Therapies in Clinical Practice Volume 17 , halaman 37-43 pada tahun 2011, DOI : 10.1016/j.ctcp.2010.02.004.

2)      Penelitian yang dilakukan oleh Lamas et al dengan judul “Effects of Abdominal massage in Management of Constipation-A randomised Controlled Trial” yang di publikasikan di International Journal of Nursing Studies Volume 46, halaman 759-767 pada tahun 2009, DOI : 10.1016/ji.ijnurstu.2009.01.007.

  1. Relevansi dengan fenomena masalah

         Relevansi masalah dengan fenomena yang ditemukan di tempat penelitian sangat relevan. Jurnal acuan merupakan hasil penelitian tentang efektivitas abdominal massage dalam mengatasi konstipasi .

  1. Kemutakhiran

         Jurnal acuan internasional merupakan publikasi 5 tahun terakhir dan salah satu jurnal penelitian merupakan jurnal khusus keperawatan.

  1. Faktor kekuatan evidence

1)      Kekuatan evidence based pada jurnal penelitian acuan pertama adalah penelitian menggunakan sampel 32 partisipan yang mengalami konstipasi. Pemilihan partisipan berdasarkan kriteria inklusi yang selektif dengan pengkajian menggunakan Constipation Asessment Scale (CAS) untuk pra tindakan dan post tindakan meminimalkan bias dalam penelitian. Penelitian ini melakukan perbandingan 3 kelompok yaitu kelompok yang diberikan terapi aroma massage, plain massage dan control group. Acuan daftar pustaka terdapat 27 referensi dengan 20 jurnal internasional, 6 textbook, dan 1 laporan WHO.

2)      Kekuatan evidence based pada acuan jurnal yang kedua adalah penelitian menyoroti tentang efektivitas abdominal massage pada 60 partisipan yang mengalami konstipasi. Pemilihan partisipan berdasarkan kriteria inklusi dengan Rome II, kemudian dilanjutkan dnegan pengkajian konstipasi dengan Gastrointestinal Symptomps Rate Scale (GSRS). Penelitian ini menggunakan grup kontrol. Jumlah partisipan yang banyak meminimalkan bias. Acuan daftar pustaka dalam penelitian ini menggunakan 46 referensi dengan 32 jurnal penelitian internasional dan 14 textbook atau majalah ilmiah.

  1. Kelengkapan aspek

1)      Jurnal acuan pertama menggunakan metode pilot study. Kriteria partisipan usia 18 tahun atau lebih, penderita kanker, pengukuran skala Karnofsky lebih dari 40, skor CAS satu atau lebih, konstipasi selama 3 hari, dan dirawat di rumah sakit minimal 1 minggu. Partisipan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok aroma massage, plain massage, dan kelompok kontrol. Abdominal massage dilakukan selama 15 – 20 menit dengan interval 5 hari dalam seminggu. Hasil penelitian didapatkan kelompok dengan aroma massage menunjukkan skor CAS lebih rendah dari grup kontrol.

2)      Jurnal acuan kedua menggunakan metode randomized controlled trial. Kriteria partisipan diseleksi dengan Rome II. Terdapat grup kontrol dalam penelitian ini. Intervensi yang dilakukan yaitu abdominal massage selama 15 menit dalam 5 hari selama 8 minggu. Masase dilakukan dengan memberikan tekanan yang lembut pada area abdomen. Sebelum intervensi pasien dianjurkan untuk melakukan terapi napas dalam. Hasil penelitian didapatkan kelompok yang mendapatkan intervensi memiliki skor GSRS lebih rendah dari pada kelompok kontrol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: