Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

       Reaksi orang tua terhadap bayi yang sakit berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi respon tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi respon orang tua terhadap bayi sakit adalah keseriusan penyakit pada bayi, pengalaman tentang sakit sebelumnya, prosedur medis mencakup diagnosa dan perawatan bayi, kemampuan koping pribadi, stress pada sistem keluarga,  budaya dan kepercayaan, serta komunikasi antar anggota keluarga.

       Berikut ini adalah reaksi-reaksi yang mungkin muncul pada orang tua terhadap bayi yang sakit :

Ketidakpercayaan

       Perasaan tidak percaya sering muncul ketika bayi sakit dengan tiba-tiba. Jika kondisi tersebut berpotensi untuk mengancam kehidupan atau dapat menyebabkan masalah jangka panjang yang kronis akan menimbulkan dampak bagi orang tua seperti rasa ketidakpercayaan pada hal yang dialami oleh bayi.

Perasaan Bersalah

       Beberapa orang tua akan menyalahkan diri mereka sendiri karena penyakit yang diderita oleh bayinya. Sebagai contoh ketika bayi mengalami kecelakaan dan terluka, orang tua akan berpikir bahwa mereka kurang cukup waspada dan pada akhirnya timbul perasaan bersalah.Marah

       Reaksi ini mungkin diperburuk jika perawatan atau perhatian tidak menunjukkan hasil yang baik sesuai yang diharapkan. Petugas kesehatan adalah orang yang sering terkena dampak dari rasa marah tersebut.

Rasa Takut

       Banyak orang tua memiliki pengalaman kecil sebelumnya tentang kesehatan, mungkin terakhir yang dirasakan adalah kebahagiaan saat melahirkan bayi mereka. Saat bayi sakit, orang merasa kesepian, tidak kuat dan merasa ketakutan. Bekerja sama dengan orang tua dan menyediakan informasi yang dibutuhkan dapat membantu orang tua mengatasi rasa takut.

Frustrasi

       Orang tua dapat menjadi frustrasi, sebagai contoh mereka telah menunggu untuk bertemu dengan dokter selama beberapa jam untuk menanyakan kondisi kesehatan bayinya. Kemungkinan orang tua dapat merasa lelah dan tidak berdaya dalam menghadapi situasi ini. Meluangkan waktu untuk orang tua dan menjelaskan tentang rencana perawatan dapat membantu orang tua mengatasi rasa frustrasi.

Depresi

       Orang tua dapat merasakan bahwa mereka tidak mampu mengatasi bayi mereka yang sakit sebaik keluarga lain. Petugas kesehatan terkadang kurang memperhatikan hubungan komunikasi yang baik dengan orang tua. Petugas kesehatan tidak selalu menyadari kesusahan orang tua. Memjalin hubungan terapeutik yang baik dan berkomunikasi secara jujur pada orang tua akan membantu orang tua mengatasi rasa depresi.

 

Ian Peate. Caring for Children and Families. London : John Wiley and Sons Ltd. 2006.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: