Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Tahun 2000, 16,7 juta penderita meninggal karena penyakit ini, atau sekitar 30,3% dari total kematian diseluruh dunia. Di Indonesia prevensi penyakit jantung dari tahun ke tahun terus meningkat. Penyebab penyakit jantung antara lain, Faktor risiko klasik : merokok, obesitas, kadar kolesterol, HT , kurang aktivitas, DM, stress; Reaksi peradangan (inflamasi) dari penyakit infeksi kronis antara lain penyakit gigi kronis terkait dengan penyakit jantung. Contoh: Penyakit periondotal dapat memberi sumbangan langsung meningkatkan resiko mendapat serangan jantung karena bakteri yang ada pada mulut dapat menjangkiti kawasan lain dalam badan dan menyebabkan tindak balas peradangan.

Sakit gigi dapat menyebabkan penyakit jantung karena penyebaran penyakit gigi ke organ tubuh lain dapat dijelaskan lewat teori fokal infeksi. Fokal infeksi adalah infeksi kronis di suatu tempat dan memicu penyakit di tempat lain. Racun, sisa-sisa kotoran maupun mikroba penginfeksi bisa menyebar ketempat lain di tubuh seperti ginjal, jantung, mata,kulit. Dampak penyakit gigi pada jantung dapat berupa penyakit jantung koroner, peradangan otot, serta katup jantung (endokarditis).

Ada Empat Hipotesis Yang Mengkaitkan Masalah Kesehatan Gigi Dengan Penyakit Jantung.

a)      Kesan bakteri pada platelet darah.

b)      Kesan rangsangan pada pencetus peradangan.

c)      Tindak balas autoimun.

d)     Serangan bakteri pada sel endotelium (lapisan sel tunggal pada jantung).

Kajian di atas 20,749 orang dari pada mereka ada masalah periondotal dan penyakit jantung. Mendapati individu yang menghadapi masalah perionditisis mempunyai resiko 24% lebih tinggi mendapat penyakit jantung koroner. Dari jumlah itu 2,1% disangka dapat menemui maut akibat serangan jantung.

Mekanisme penyebaran : bakteri di mulut akan ikut peredaran aliran darah akan membentuk plak-plak yang akan menghambat aliran darah serta makanan dan oksigen ke jantung hingga jantung tidak dapat berfungsi sebgaimana mestinya.

Apabila mempunyai masalah gusi, merupakan awal  badan menghasilkan bahan perantara peradangan dan bahan ini dapat memasuki sistem peredaran darah, sistem imun akan mengesankan kehadiran bakteri ini dan mulai merespon untuk menghapusnya.

Respon ini menyebabkan berbagai kesan peradangan, terutama pada sistem kardiovaskuler dengan menebalkan dinding pembuluh darah.

Keadaan ini jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan seseorang individu itu mendapat serangan jantung

Bakteri yang ditemukan pada plak merupakan salah satu faktor penyebab endokarditis.

Bakteri di lubang gigi maupun gusi yang rusak dapat masuk ke dalam sirkulasi darah lewat gusi yang berdarah.

Bakteri ini dengan mudah menyerang katup jantung, perdarahan di bawah kulit,bahkan embolisasi (penyumbatan) pembuluh darah kecil di organ-organ tubuh lainnya.

Meskipun jarang, penyakit ini dapat berakibat fatal dan kadang kala memerlukan operasi katup jantung darurat.

Jangan anggap enteng bila Anda sakit gigi karena dapat berakibat fatal.

Karena mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati, maka perlu perawatan gigi yang baik dan periksa gigi secara berkala. Selain itu, mulailah menyikat gigi dengan baik dan benar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: