Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Plagiat vs Dosen

sebagai mahasiswa emang dituntut untuk kreatif. ya memang harus kreatif dan agak keidealisan dikit giu…

aku mau sharing tentang pengalamanku di ruang dosen saat konsul tugas manajemen.

aku dan kelompokku dapat tugas manajemen rumah sakit dengan mengobservasi salah satu rumah sakit swasta islam di Semarang. Menurut susunan laporan makalah adlah harus ada kerangka teori atau tinjauan teori. kebetulan kelompokku sangat pede dengan hasik observasi, kami tidak tau susunan laporan yang harus dikerjakan. saat akan konsul, kami baru mengetahui tentang format laporan tersebut. alhasil kami menunda beberapa jam, kurang lebih 2 jam. kami mengkopi salah satu tinjauan teori dari kelompok lain.

awalnya sih kami santai saja, kami hanya mengubah beberapa kata dan menghilangkan sedikit paragraph. kami kurang teliti dalam mengedit tulisan tersebut.

tiba saat konsul, kelompok kami kebagian no 4 maju konsul dengan dosen pembimbing. saat di meja dosen pembimbing, kami mempresentasukan dan menunjukkan makalah dalam bentuk soft copy. saat kami kan lanjut ke hasil observasi. diosen kami minta untuk berhenti. STOP!!!!!

STOP!!!!!!!

wah, lha ini yang namanya duluan mana ayam sama telur?

baru saja tadi kelompok pertama menyajikan hal yang sama. eeehh di kelompok selanjtnya juga ada dan sama. mana kesalahan tanda baca dan tulisannya percis pula.

akhirnya disitu kami diceramahi habis2an ma dosen..

waaahhhh kapok dah..

aku menyadari sesuatu, jika tidak ingin disebut plagiat, tulislah teori itu dengan sumber daftar pustaka yang jelas. karena setauku sekarang mencontek lkima kata aja udah dianggap plagiat.

sebenarnya kata plagiat, plagiarisme udah gak asing lagi di kalangan mahasisa. banyak mahasiswa yang melakukan plahiat tanpa menyadarinya..

mau jadi apa bangsa ini kalo generasi muda kita aja udah membudayakan plagiat??

harus kita ubah paradigma itu mulai detik ini.

STOP PLAGIAT!!!

merusak moral bangsa….

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: