Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Cara Menerima Kekalahan

Aku akan terlihat hebat ketika sedang menang dan pada saat aku berlari menuju kemenangan yang aku inginkan. Namun, bagaimana halnya dengan saat-saat dimana aku mengalami kekalahan besar? Yang lebih buruk lagi bagaimana jika lawanku begitu kuat dan aku tidak diberi kesempatan sama sekali? Bagaimana jika aku sudah merasa kalah sebelum bertanding?

Dalam keadaan demikian, mungkin aku akan menangis, berwajah muram, menyalahkan keadaan, atau bahkan berpura-pura sakit sebelum pertandingan dimulai. Namun aku tetap tampil berani bahkan disaat mengalami kekalahan dengan kepala tegak, senyum di bibir, dan terlihat seperti orang juara. Mengapa? Karena aku sudah belajar sebuah rahasia hebat dalam diriku yang menjadikanku tetap terlihat sebagai seorang pemenang, bahkan saat aku mengalami kekalahan. Aku belajar untuk melupakan nilai ataupun skor pertandingan, atau apa yang menjadikan kita tertinggi. Tapi aku lebih berkonsentrasi pada permainannya sendiri. Rahasianya, katakan pada diri sendiri, tanya dalam hatimu “bagaimana aku bisa menampilkan permainan terbaikku saat ini?”

Tidak ada seorang pun yang dapat memusatkan pikiran pada dua hal di saat yang bersamaan. Orang yang tahu bagaimana menampilkan yang terbaik, bahkan saat mengalami kekalahan, akan memahami arti peribahasa yang mengatakan bahwa hal yang penting bukanlah kemenangan, melainkan bagaimana kita memainkan peran di dalam pertandingan. Dalam kehidupan, ketika dihadapkan pada berbagai macam tantangan, setiap orang akan menghadapinya dengan rasa takut. Kita akan lebih mengerti bahwa keberanian jauh lebih berarti daripada kemenangan.

Keberanian sejati adalah ketika anda telah mengetahui bahwa anda akan kalah bahkan sebelum pertandingan dimulai, tapi anda terus saja bertanding.” Harpeer lee, pengarang To Kill a Mockingbird.

Comments on: "Cara Menerima Kekalahan" (1)

  1. thank’s. artikel ini bs membuat sya semkin berlpang dada utk menrima kekalhn.saat ini sya akn berjuang mnju kmnanngan.

Tinggalkan Balasan

Awan Tag

