Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

komunikasi efektif

komunikasi adalah proses penyampaian informasi atau pesan kepada komunikan dengan tujuan untuk merubah perilaku, serta memberikan feedback kepada satu sama lain.

Level komunikasi ada 4 yaitu :

  1. Judgement –> seperti bilang “kamu bodoh”, “kamu pintar”
  2. Fact –> misal “Ani sedang duduk di kursi”
  3. Pharaphrase –> simpati
  4. Identification –> empati

Untuk mencapai level tinggi dalam komunikasi yaitu harus melakukan kiat-kiat dibawah ini. Antara lain :

  1. Listening –> mendengarkan secara sksama untuk merasakan apa yang diungkapkan oleh yang berbicara dan berusaha mencari solusi dengan ikut menjadi bagian dari irinya tapi tetap masih bisa mengontrol emosi kita agar tidak larut dalam topik yang dibicarakan. hal yang bisa dijadikan acuan sebagai mendengar yang baik adalah respect kita dan kontak mata kita. RUMUS LISTENING = Respect+Dengar dengan Hati +Jadikan lawan bicara no 1 = hasil yang luar biasa
  2. Sharing Perception –>adalah membagi pikiran, artinya kita dapat mengeksplore pikiran kita terhadap seseorang. Kalu hal ini dilakukan dengan baik maka akan menjadi hasil yang luar biasa, tapi kalau sekali salah maka hasilnya juga akan buruk. Tahap ini memerlukan waktu untuk observasi, dan respect terhadap orang lain. Apabila ini sudah dilakukan maka sudah melewati identifikasi pada orang lain. Contohnya : ada ibu sedang mondar-mandir kemudian kita bertanya “ibu dari tadi mondar-mandir, apa ibu sedang menunggu seseorang?”
  3. reflection –> pantulan dari satu peristiwa ke peristiwa lain. seperti misalnya sikap orang kepada kita itulah cerminan dari diri kita sendiri, tentang bagaimana kita bersikap kepada orang lain.
  4. klarifikasi –> teknik yang akan membantu orang lain untuk merasakan perasaan yang sesungguhnya. misalnya percakapan di bawah ini :

klien : suster saya bosan dengan perawatan di rumah sakit ini..

perawat : coba ibu ceritakan kenapa ibu bosan, kan ini juga untuk kesehatan ibu..

klient : suami saya 3 hari belum menjenguk sus, saya kesal, dan saya merasa bosan disini..

perawat : ehmm ibu bosan atau kangen..

klien : oh iya ya , berarti saya kangen ya suster ya..

 

begitulah teknik untuk mencapai level komunikasi yang baik. untuk teknik ini sangat tepat dilakukan pada klien dewasa, lansia, maupun klien jiwa..

sedangkan untuk anak2 perlu tknik tersendiri yang nanti akan saya bahas pada sesi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: