Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Penggunaan kontrasepsi oral seperti pil KB bermanfaat positif bagi perempuan penderita asma. Kadar hormon seks estrogen dan progesteron yang berubah-ubah berdampak langsung terhadap peradangan saluran pernafasan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Alberta, menunjukkan kalau kadar hormon seks estrogen dan progesteron yang berubah-ubah berdampak langsung terhadap penanda peradangan saluran pernafasan.

Kontrasepsi oral, telah digunakan sebagai pengobatan pelengkap dalam menangani asma. Sudah lama kontrasepsi jenis ini digunakan untuk membantu perempuan dengan gejala-gejala asma yang sangat berkaitan dengan siklus menstruasi mereka.

Studi terbaru ini, mengindikasikan kalau kontrasepsi oral juga bermanfaat bagi perempuan penderita asma yang tidak dipicu oleh sikus menstruasi.

“Sebelumnya kita tidak mempunyai data yang menunjukkan kalau estrogen dan progesteron mempengaruhi asma. Sekarang kita memiliki data dan data tersebut membuka area baru yang diperlukan dalam mengontrol asma pada perempuan,” kata Piush J. Mandhane, MD, PhD, peneliti, seperti dikutip dari Webmd.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Chest, para peneliti melibatkan 17 perempuan pramenopause dengan gejala-gejala asma tingkat sedang hingga kronis. Mereka bertemu dengan para peneliti setiap hari sepanjang satu siklus menstruasi lengkap (sekitar 36 hari).

Peneliti mengukur kadar estrogen dan progesteron mereka setiap kali kunjungan. Selain itu gejala-gejala asma dan penanda peradangan saluran pernafasan yang mereka alami juga dimonitor setiap hari.

“Karena perempuan pengguna kontrasepsi oral tidak mengalami perubahan kadar estrogen dan progesteron yang signifikan selama siklus, kami tidak berharap melihat perubahan pada penanda asma sepanjang siklus tersebut. Perempuan yang tidak menggunakan oral kontrasepsi seharusnya mengalami perubahan kadar estrogen dan progesteron dan sebagai akibatnya mereka seharusnya mengalami perubahan penanda asma. Dan ternyata itulah yang kami temukan,” kata peneliti.

Comments on: "Pil KB Mampu Atasi Serangan Asma" (1)

  1. salam
    wah dapat wawasan baru. ternyata memang ada manfaat juga pil KB, walaupun agak kurang sepakat juga dengan penggunaanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: