Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

(gettyimage)

Jakarta – Large Hadron Collider (LHC) mengalami masalah besar setelah akselerator partikel besarnya patah akibat sepotong roti yang dijatuhkan oleh burung yang lewat.

LHC sepanjang 27 kilometer itu mengalami panas serius di beberapa bagian, setelah sepotong baguette kecil mendarat di sebuah peralatan di permukaan atas cincin akselerator.

Dr Mike Lamont, Koordinator LHC mengatakan roti dalam jumlah kecil diyakini telah dijatuhkan oleh burung dan menyebabkan magnet superkonduksi memanas dari -271.1C menjadi -265C mendekati berhenti sebagai superkonduktor.

Secara teori, jika LHC beroperasi secara penuh bisa menyebabkan bencana seperti yang terjadi tidak lama setelah pertama kali diaktifkan pada tahun lalu. Namun, mesin itu memiliki beberapa pengaman sehaingga akan mati sebelum suhu naik terlalu tinggi.

Peristiwa itu memaksa mesin berhenti bekerja selama beberapa hari, tapi tidak seperti kerusakan setahun penuh yang lalu.

LHC baru menjalani tes menembak. Penabrakan partikel secara penuh baru dijadwalkan akan dimulai lagi bulan ini.

Saat beroperasi penuh, dua berkas proton dan ion melaju di sekitar lingkaran besar pada sepersekian persen di bawah kecepatan cahaya dengan energi seperti kereta Eurostar dengan kecepatan penuh, menurut situs CERN.

Ini adalah energi yang sangat besar dan menghancurkan pada waktu lalu dan menyebabkan tumpahan besar helium cair dan melemparkan dua magnet 10 ton dari tempatnya.

Berbagai masalah itu disyukuri sebagian orang yang khawatir energinya yang besar bisa tak terkendali dan menyebabkan kerusakan luar biasa di bumi. Akibat hal itu beberapa orang menyebut LHC sebagai mesin kiamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: