Akan ku tulis hal yang ku suka dan mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Saya mendefinisikan bahwa Terapi Kognitif Behavioral adalah suatu terapi yang mengubah pikiran negatif kita menjadi pikiran yang positif dan mengubah perilaku kita untuk sejalan dengan pikiran positif, tujuannya adalah untuk mengubah pikiran yang tidak jelas logis menjadi positif rasional, meningkatkan aktivitas, mengurangi perilaku yang tidak diinginkan, meningkatkan ketrampilan sosial, mencapai kesejahteraan diri dan mengurangi bahkan mencegah depresi dalam kehidupan.

Dilihat dari sisi medis, menurut saya Terapi Kognitif-Behavioral lebih efektif dalam memberikan treatment pada penyembuhan penyakit dibanding dengan hanya memberikan penyembuhan dengan cara pemberian obat-obatan. Dalam buku karangan David D Burns, M.D. pada tahun 1980 berjudul “Feeling Good The New Mood Therapy”, mengatakan  berdasarkan hasil riset Dr. Myrna Weissman dari Universitas Yale, terapi kognitif merupakan terapi yang lebih efektif dibandingkan terapi spesifik lainnya, dan juga lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan orientasi obat dengan bertumpu kepada obat anti depresi.

Dipandang dari sisi agama, utamanya islam, saya sangat setuju jika terapi ini dipergunakan untuk pandamping pengobatan penyakit maupun mengatasi stress. Disamping karena tidak menggunakan obat-obatan yang mungkin saja terkandung bahan-bahan yang tidak diperbolehkan oleh agama, seperti gelatin babi. Terapi ini juga, jika dilakukan akan mendapat pahala kebaikan karena kita dianjurkan untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi masalah apapun.

Terapi Kognitif-Behavioral ini memang sangat efektif dalam mengobati stress atau depresi. Menurut Robert DeRubeis, PhD, dari University of Pennsylvania, menguatkan hal tersebut. Dan beberapa fakta yang menguatkan hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Terapi Kognitif-Behavioral sama baiknya dengan obat anti depresi dalam mengatasi depresi ringan maupun sedang. “Saat dilakukan dengan baik, terapi kognitif bekerja sama cepatnya dan sama baiknya dengan obat-obatan anti depresi,” ujar DeRubeis. Jika dilakukan secara konsisten, lanjut dia lagi, dalam jangka waktu lama terapi kognitif bahkan bisa bekerja lebih baik dibandingkan dengan antidepressant.
  2. Terapi Kognitif-Behavioral bekerja sama baiknya dengan obat anti depresi dalam mencegah kekambuhan depresi. Menurut DeRubeis, kalau pasien terus menggunakan keahlian yang dipelajarinya selama terapi, maka keahlian tersebut akan mencegah kambuhnya depresi. Kekambuhan atau kembalinya gejala-gejala merupakan masalah yang biasa terjadi dalam depresi.”Terapi kognitif terbukti efektif mencegah kembalinya gejala-gejala, dan terapi ini bekerja tanpa menggunakan obat-obatan,” terang dia.
  3. Terapi Kognitif-Behavioral mengurangi gejala-gejala sisa dari depresi. Setelah berhasil menjalani pengobatan depresi, banyak orang yang terus mengalami gejala-gejala depresi ringan. Dengan menambahkan terapi kognitif, maka gejala-gejala sisa ini bisa dikurangi.

Saya juga berpendapat bahwa terapi ini dapat dijadikan sebagai suatu cara untuk merubah diri. Perubahan yang diinginkan tentu ke perubahan yang lebih baik, meskipun memerlukan waktu yang cukup lama, tetapi jika dijalani akan membawa manfaat baik bagi konsep diri kita. Pada remaja yang baru dalam tahap perkembangan terapi ini juga bagus untuk masa pembentukan pola pikir mereka agar menghasilkan karakter yang baik.

Terapi Kognitif-Behavioral merupakan usaha kolaborasi antara terapis dan lien. Dengan TKB kita mencari tahu apa yang klien inginkan pada hidup mereka (tujuan mereka) dan kemudian menolong klien untuk mencapai tujuaanya. Peran terapis adalah mendengarkan, mengajarkan, menganjurkan, pada klien untuk menyatakan perhatian, belajar, dan melaksanakan pembelajaran.

Terapi ini juga sangat efektif dalam mengatasi depresi pada remaja yang berlatarbelakang orang tua dengan depresi. Dibuktikan pada jurnal yang saya sertakan di atas.

Pada kasus lain Terapi Kognitif Behavioral juga sangat efektif dalam mengatasi insomnia kronis. Sebuah riset yang dilakukan oleh Akademi Orang Amerika mengindikasikan 50%-60% partisipan dengan insomnia kronis dapaty sembuh total.

Sejauh yang saya mengerti dari terapi ini, dapat saya katakan bahwa terapi ini dapat memperlambat proses penuaan. Jika seseorang memiliki pemikiran yang sehat, maka sistem dalam tubuh kita pun akan berfungsi dengan baik. Sehingga hal ini akan memperlambat terjadinya degenerasi sel. Inilah mengapa terkadang banyak para medis menekankan bahwa orang tua harus tetap aktif secara fisik maupun mental.

Harapan saya untuk ke depannya terhadap Terapi kognitif-Behavioral ini adalah, bahwa terapi ini akan menjadi tren untuk mengatasi problem stress. Selain caranya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya, terapi ini juga dapat menekan penggunaan obat-obatan sebagai anti depresi. Dan juga pesan untuk para terapis yang menggunakan metode terapi ini, anda harus menguasai Kognitif Therapy, neuroscience, physiology of Behavior, Cognitive Psychology, dan Basic psychology – maka disebut sebagai eklectik atau pendekatan menyeluruh (holistik).

 

Sumber :

Terjemahan bebas dari tulisan: Beth Horwin, LPC,  A Perspective on Cognitive Behavioral Therapy.

The American Journal of Psychiatry dengan judul Treating Acute Stress Disorder Following Mild Traumatic Brain Injury.

http://e-journal.dikti.go.id/akses/nph-proxy.cgi/000010A/http/proquest.umi.com/pqdweb=3findex=3d0=26did=3d1771729171=26SrchMode=3d1=26sid=3d4=26Fmt=3d2=26VInst=3dPROD=26VType=3dPQD=26RQT=3d309=26VName=3dPQD=26TS=3d1257930086=26clientId=3d97884

http://www.nacbt.org/whatiscbt.htm

http://www.mediaindonesia.com/Terapi-Kognitif-Atasi-Depresi/

http://www.scumdoctor.com

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: